PERBEDAAN KOPI ARABIKA DAN KOPI ROBUSTA

Penikmat kopi sesungguhnya mungkin tidak asing lagi dengan perbedaan antara kopi arabika dan kopi robusta. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda sedang mencari informasi tentang perbedaan antara keduanya. Tak sedikit juga yang beranggapan “yang penting ngopi” gak masalah apapun jenis kopinya. Memang tidak masalah, tapi untuk menambah wawasan tentang kopi tentu saja ini menjadi nilai tambah buat Anda penikmat kopi sejati.

beda kopi arabika dan robusta

Nah, kali ini Wangi Coffee ingin berbagi informasi seputar perbedaan kopi rubusta dan kopi arabika sebagai tambahan pengetahuan seluk beluk soal kopi. Mari langsung simak ulasannya dibawah ini;

Dilihat dari bentuknya, kopi arabika terlihat cenderung lebih lonjong dan kopi robusta lebih bulat. Pada struktur bijinya keduanya juga terdapat perbedaan, sehingga proses roasting yang digunakan pun sedikit terdapat perbedaan.
Karena dapat ditanam di daerah yang punya ketinggian rendah, penanaman kopi jenis robusta lebih gampang ditemui dibanding arabika. Tak hanya itu, tanaman kopi robusta juga lebih cepat berkembang dan memproduksi buah, tak seperti arabika yang membutuhkan beberapa tahun untuk matang serta memerlukan lahan yang lebih besar. Namun, meskipun terdengar lebih sulit, kopi arabika memiliki keunggulannya sendiri, terutama dari segi rasa.

Dibanding kopi robusta yang biasanya memiliki rasa yang lebih kuat dan ‘kasar’, kopi arabika mempunyai karakter rasa yang lebih kaya dan kompleks. Pembaca dapat merasakan berbagai citarasa baik buah-buahan, kacang-kacangan, bahkan coklat. Sementara kopi jenis robusta cenderung hanya memiliki after taste kacang-kacangan.

Baca : Sejarah Kopi di Indonesia

Rasa yang terdapat pada kedua jenis kopi ini juga dipengaruhi oleh tingkat kandungan kafein. Kopi Robusta memiliki kadar kafein dua kali lebih banyak, namun ini berakibat pada rasa kopinya yang lebih pahit. Selain itu, kopi jenis arabika juga memiliki kandungan gula dan lipid yang lebih tinggi daripada robusta sehingga lebih manis saat diminum tanpa perlu ditambahkan gula.

Kopi Jenis Arabika Lebih Disukai Pecinta Kopi

Berkat kompleksitas rasa inilah, pada umumnya penikmat kopi Indonesia lebih memilih kopi jenis arabika sebagai andalan mereka saat menikmati secangkir kopi. Wangi Coffe Indonesia juga berkomitmen menghadirkan kopi jenis arabika sebagai komoditas utamanya. Ingin mencoba kopi arabika dari Wangi Coffee?

Baca juga : Kopi Ciwidey Khas Bandung Selatan

Kesimpulan

  • Arabika lebih populer dahulu dari robusta.
  • Coffea arabica dan Coffea canephora.
  • Penanaman robusta lebih mudah.
  • Robusta lebih tahan hama.
  • Ukuran biji kopi arabika lebih besar.
  • Wangi dan cita rasa arabika lebih kaya.
  • Kandungan kafein robusta dua kali lebih banyak.
  • Robusta lebih cocok dipadukan dengan susu.
  • Harga robusta lebih murah.